13959
Publish Selasa, 01 Maret 2022
Dibaca 134 kali
HASIL SURVEI
Pengambilan data survei dilaksanakan selama 5 bulan dimulai tanggal 2 Agustus s.d. 24 Desember 2021.
Jumlah responden dalam survei kepuasan masyarakat Kecamatan Tarik tahun 2021 sebanyak 56, yang terbagi dalam 14 jenis pelayanan. Rincian responden per unit pelayanan dapat dilihat pada Tabel 1.
Tabel 1. Rekapitulasi Jumlah Responden per Jenis Pelayanan
No |
Jenis Pelayanan |
Jumlah Responden |
1 |
Kartu Keluarga (KK) |
23 |
2 |
Kartu Tanda Penduduk (KTP) |
21 |
3 |
Kartu Identitas Anak (KIA) |
9 |
4 |
Ijin Mendirikan Bangunan (IMB<200m2) |
1 |
5 |
Surat Keterangan Pindah |
0 |
6 |
Dispensasi Nikah |
0 |
7 |
Kartu Percari Kerja (Ak-1) |
0 |
8 |
Legalisasi Salinan Dokumen Kependudukan |
0 |
9 |
Pindah Datang Perubahan KK |
0 |
10 |
Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) Mikro |
0 |
11 |
Surat Keterangan Pindah Keluar |
0 |
12 |
Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) |
0 |
13 |
Surat Keterangan Waris |
0 |
14 |
Tanda Daftar Perusahaan (TDP) Mikro |
0 |
15 |
Layanan Umum Lainnya |
1 |
16 |
- |
1 |
Usia : 17-50 tahun
Jenis kelamin : L(laki-laki) 29, P(perempuan) 27
Pendidikan : SMP, SMA, Diploma I, Diploma III. Starta 1
Pendidikan : Pelajar/Mahasiswa, Pegawai Swasta, PNS TNI Polri,
Wiraswasta, Lainnya
Hasil Survei Kepuasan Masyarakat Kecamatan Tarik Tahun 2021 dengan total 56 responden untuk 14 jenis pelayanan menghasilkan Indek Kepuasan Masyarakat (IKM) sebesar 90,91. Dengan demikian pelayanan publik pada Kecamatan Tarik berada pada kategori Tidak Terdefinisi (-) karena jumlah responden yang kurang memenuhi syarat atau dengan nilai konversi IKM sebesar 3,64. Untuk hasil SKM per unsur pelayanan pada Kecamatan Tarik dapat dilihat pada Tabel 2.
Tabel 2. Nilai SKM per Unsur Pelayanan
Unsur |
Unsur Pelayanan |
Nilai Unsur Pelayanan |
Kualitas Pelayanan |
U1 |
Persyaratan |
5.4133 |
baik |
U2 |
Sistem, Mekanisme dan Prosedur |
5.5395 |
baik |
U3 |
Waktu Penyelesaian |
5.6316 |
baik |
U4 |
Biaya/ Tarif |
5.5921 |
baik |
U5 |
Produk Spesifikasi jenis pelayanan |
5.5789 |
baik |
U6 |
Kompetensi pelaksana |
5.6133 |
baik |
U7 |
Perilaku pelaksana |
5.5787 |
baik |
U8 |
Penanganan pegaduan, saran dan masukan |
5.2667 |
baik |
U9 |
Sarana dan prasarana |
5.3709 |
baik |
|
IKM |
3.64 |
- |
Dari tabel diatas dapat diketahui bahwa unsur pelayanan publik dnegan nilai terendah adalah pada unsur Penanganan pegaduan, saran dan masukan, sedangkan unsur pelayanan publik dengan nilai tertinggi adalah pada unsur Waktu Penyelesaian.
Saran masukan yang disampaikan oleh responden untuk peningkatan kualitas pelayanan publik disajikan pada Tabel 3.
Tabel 3. Saran dan Masukan Responden Survei Kepuasan Masyarakat
Unsur Pelayanan |
Saran/ masukan |
Perilaku Pelaksana |
Agar memberikan aba-aba yang jelas saat pengambilan foto KTP. |
KESIMPULAN
Berdasarkan hasil survei, nilai Indeks Kepuasan Masyarakat Kecamatan Tarik pada tahun 2021 berada pada kategori Tidak Terdefinisi (-) karena jumlah responden yang kurang memenuhi syarat dengan nilai indeks 3,64 dan nilai konversi 90,91.
Bagikan :
BERITA POPULER
SK CAMAT TARIK TENTANG STANDAR PELAYANAN DI LINGKUNGAN KECAMATAN TARIK
Selasa, 02 Juli 2024
Maklumat Pelayanan Kecamatan Tarik
Kamis, 07 April 2022
Core Values BerAKHLAK
Rabu, 05 Juli 2023
SK CAMAT TARIK TENTANG KODE ETIK PELAYANAN PADA KANTOR KECAMATAN TARIK
Selasa, 02 Juli 2024
BERITA TERKINI
Survei Kepuasan Masyarakat Kecamatan Tarik Periode Semester I Tahun 2024
Senin, 29 Juli 2024
SK CAMAT TARIK TENTANG KODE ETIK PELAYANAN PADA KANTOR KECAMATAN TARIK
Selasa, 02 Juli 2024
SK CAMAT TARIK TENTANG STANDAR PELAYANAN DI LINGKUNGAN KECAMATAN TARIK
Selasa, 02 Juli 2024