16219

HARI INI 2
BULAN INI 16219
TAHUN INI 181

NIlai SKM Kecamatan Tarik 90,91

Publish Selasa, 01 Maret 2022

Dibaca 137 kali

HASIL SURVEI

  1. Waktu survei

Pengambilan data survei dilaksanakan selama 5 bulan dimulai tanggal 2 Agustus s.d. 24 Desember 2021.

 

  1. Karakteristik responden
  1. Jumlah responden

Jumlah responden dalam survei kepuasan masyarakat Kecamatan Tarik tahun 2021 sebanyak 56, yang terbagi dalam 14 jenis pelayanan. Rincian responden per unit pelayanan dapat dilihat pada Tabel 1.

 

Tabel 1.  Rekapitulasi Jumlah Responden per Jenis Pelayanan

No

Jenis Pelayanan

Jumlah Responden

1

Kartu Keluarga (KK)

23

2

Kartu Tanda Penduduk (KTP)

21

3

Kartu Identitas Anak (KIA)

9

4

Ijin Mendirikan Bangunan (IMB<200m2)

1

5

Surat Keterangan Pindah

0

6

Dispensasi Nikah

0

7

Kartu Percari Kerja (Ak-1)

0

8

Legalisasi Salinan Dokumen Kependudukan

0

9

Pindah Datang Perubahan KK

0

10

Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) Mikro

0

11

Surat Keterangan Pindah Keluar

0

12

Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM)

0

13

Surat Keterangan Waris

0

14

Tanda Daftar Perusahaan (TDP) Mikro

0

15

Layanan Umum Lainnya

1

16

-

1

 

  1. Profil responden

Usia                   : 17-50 tahun

Jenis kelamin     : L(laki-laki) 29, P(perempuan) 27

Pendidikan         : SMP, SMA, Diploma I, Diploma III. Starta 1

Pendidikan         : Pelajar/Mahasiswa, Pegawai Swasta, PNS TNI Polri,

  Wiraswasta, Lainnya

  1. Hasil Survei

Hasil Survei Kepuasan Masyarakat Kecamatan Tarik Tahun 2021 dengan total 56 responden untuk 14 jenis pelayanan menghasilkan Indek Kepuasan Masyarakat (IKM) sebesar 90,91. Dengan demikian pelayanan publik pada Kecamatan Tarik berada pada kategori Tidak Terdefinisi (-) karena jumlah responden yang kurang memenuhi syarat atau dengan nilai konversi IKM sebesar 3,64. Untuk hasil SKM per unsur pelayanan pada Kecamatan Tarik dapat dilihat pada Tabel 2.

Tabel 2. Nilai SKM per Unsur Pelayanan

Unsur

Unsur Pelayanan

Nilai Unsur Pelayanan

Kualitas Pelayanan

U1

Persyaratan

5.4133

baik

U2

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

5.5395

baik

U3

Waktu Penyelesaian

5.6316

baik

U4

Biaya/ Tarif

5.5921

baik

U5

Produk Spesifikasi jenis pelayanan

5.5789

baik

U6

Kompetensi pelaksana

5.6133

baik

U7

Perilaku pelaksana

5.5787

baik

U8

Penanganan pegaduan, saran dan masukan

5.2667

baik

U9

Sarana dan prasarana

5.3709

baik

 

IKM

3.64

-

 

 

Dari tabel diatas dapat diketahui bahwa unsur pelayanan publik dnegan nilai terendah adalah pada unsur Penanganan pegaduan, saran dan masukan, sedangkan unsur pelayanan publik dengan nilai tertinggi adalah pada unsur Waktu Penyelesaian.

 

Saran masukan yang disampaikan oleh responden untuk peningkatan kualitas pelayanan publik disajikan pada Tabel 3.

Tabel 3. Saran dan Masukan Responden Survei Kepuasan Masyarakat

Unsur Pelayanan

Saran/ masukan

Perilaku Pelaksana

Agar memberikan aba-aba yang jelas saat pengambilan foto KTP.

 

KESIMPULAN

Berdasarkan hasil survei, nilai Indeks Kepuasan Masyarakat Kecamatan Tarik pada tahun 2021 berada pada kategori Tidak Terdefinisi (-) karena jumlah responden yang kurang memenuhi syarat dengan nilai indeks 3,64 dan nilai konversi 90,91.

Bagikan :

Loading...