
NIlai SKM Kecamatan Tarik 90,91
HASIL SURVEI
- Waktu survei
Pengambilan data survei dilaksanakan selama 5 bulan dimulai tanggal 2 Agustus s.d. 24 Desember 2021.
- Karakteristik responden
- Jumlah responden
Jumlah responden dalam survei kepuasan masyarakat Kecamatan Tarik tahun 2021 sebanyak 56, yang terbagi dalam 14 jenis pelayanan. Rincian responden per unit pelayanan dapat dilihat pada Tabel 1.
Tabel 1. Rekapitulasi Jumlah Responden per Jenis Pelayanan
No |
Jenis Pelayanan |
Jumlah Responden |
1 |
Kartu Keluarga (KK) |
23 |
2 |
Kartu Tanda Penduduk (KTP) |
21 |
3 |
Kartu Identitas Anak (KIA) |
9 |
4 |
Ijin Mendirikan Bangunan (IMB<200m2) |
1 |
5 |
Surat Keterangan Pindah |
0 |
6 |
Dispensasi Nikah |
0 |
7 |
Kartu Percari Kerja (Ak-1) |
0 |
8 |
Legalisasi Salinan Dokumen Kependudukan |
0 |
9 |
Pindah Datang Perubahan KK |
0 |
10 |
Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) Mikro |
0 |
11 |
Surat Keterangan Pindah Keluar |
0 |
12 |
Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) |
0 |
13 |
Surat Keterangan Waris |
0 |
14 |
Tanda Daftar Perusahaan (TDP) Mikro |
0 |
15 |
Layanan Umum Lainnya |
1 |
16 |
- |
1 |
- Profil responden
Usia : 17-50 tahun
Jenis kelamin : L(laki-laki) 29, P(perempuan) 27
Pendidikan : SMP, SMA, Diploma I, Diploma III. Starta 1
Pendidikan : Pelajar/Mahasiswa, Pegawai Swasta, PNS TNI Polri,
Wiraswasta, Lainnya
- Hasil Survei
Hasil Survei Kepuasan Masyarakat Kecamatan Tarik Tahun 2021 dengan total 56 responden untuk 14 jenis pelayanan menghasilkan Indek Kepuasan Masyarakat (IKM) sebesar 90,91. Dengan demikian pelayanan publik pada Kecamatan Tarik berada pada kategori Tidak Terdefinisi (-) karena jumlah responden yang kurang memenuhi syarat atau dengan nilai konversi IKM sebesar 3,64. Untuk hasil SKM per unsur pelayanan pada Kecamatan Tarik dapat dilihat pada Tabel 2.
Tabel 2. Nilai SKM per Unsur Pelayanan
Unsur |
Unsur Pelayanan |
Nilai Unsur Pelayanan |
Kualitas Pelayanan |
U1 |
Persyaratan |
5.4133 |
baik |
U2 |
Sistem, Mekanisme dan Prosedur |
5.5395 |
baik |
U3 |
Waktu Penyelesaian |
5.6316 |
baik |
U4 |
Biaya/ Tarif |
5.5921 |
baik |
U5 |
Produk Spesifikasi jenis pelayanan |
5.5789 |
baik |
U6 |
Kompetensi pelaksana |
5.6133 |
baik |
U7 |
Perilaku pelaksana |
5.5787 |
baik |
U8 |
Penanganan pegaduan, saran dan masukan |
5.2667 |
baik |
U9 |
Sarana dan prasarana |
5.3709 |
baik |
|
IKM |
3.64 |
- |
Dari tabel diatas dapat diketahui bahwa unsur pelayanan publik dnegan nilai terendah adalah pada unsur Penanganan pegaduan, saran dan masukan, sedangkan unsur pelayanan publik dengan nilai tertinggi adalah pada unsur Waktu Penyelesaian.
Saran masukan yang disampaikan oleh responden untuk peningkatan kualitas pelayanan publik disajikan pada Tabel 3.
Tabel 3. Saran dan Masukan Responden Survei Kepuasan Masyarakat
Unsur Pelayanan |
Saran/ masukan |
Perilaku Pelaksana |
Agar memberikan aba-aba yang jelas saat pengambilan foto KTP. |
KESIMPULAN
Berdasarkan hasil survei, nilai Indeks Kepuasan Masyarakat Kecamatan Tarik pada tahun 2021 berada pada kategori Tidak Terdefinisi (-) karena jumlah responden yang kurang memenuhi syarat dengan nilai indeks 3,64 dan nilai konversi 90,91.